Kamis, 19 Januari 2012

Suzuki TL1000 Series, big brothernya Suzuki FXR 150

Suzuki TL1000, Simbahnya Suzuki FXR 150 yang Usianya Pendek

Lhoh, simbah kok usianya pendek, gimana tuh? Baca dulu… :)
Ngomong-ngomong soal tunggangan Suzuki FXR 150, ternyata ada salah satu moge keluaran Suzuki yang desainnya ya sealiran dengan FXR 150 lho, yaitu Suzuki TL1000s. Lekukan bodi yang masih membulat, serta headlamp dengan 2 lampu mirip FXR, kemudian fairing setengah telanjang, alias half fairing membuat beberapa pemilik FXR menyebut FXR merupakan mini TL1000s. :)

Dengan dibekali mesin V-Twin berkubikasi 996cc, Suzuki Tl1000S memiliki power sebesar 134 HP pada putaran 8500 rpm dan torsi 105 N·m pada 800 rpm. Moge satu ini tergolong berat, karena bobot kosong motor ini adalah 187 kg, dengan dimensi 2.070 mm dan 710 mm. Denger-denger, di salah satu komentar di blog Mbah Dukun konsumsi bensinnya terhitung boros, bahkan 1 liter premix hanya cukup untuk memutari Sentul 1 lap saja! :shock: Bisa dibayangkan kalo kehabisan bensin di tengah hutan, serasa dorong truk! :mrgreen:

Oiya, coba perhatikan suspensi belakang Suzuki TL1000S ini, letak shock belakangnya unik, yaitu terletak di sebelah kanan mesin. Hal ini dikarenakan mesin TL1000S yang menggunakan konfigurasi V-twin membuat ukuran mesin lebih memakan banyak tempat daripada mesin inline biasa, sehingga Suzuki kudu pinter-pinter untuk mendesain shock belakang agar kestabilan motor tidak terganggu. Maka diletakkanlah shock belakang tersebut di sebelah kanan. Wow, aneh juga ya.. Untuk kestabilan saya rasa Suzuki juga tidak main-main dalam memperhitungkannya :) Desain shock belakang seperti ini juga diaplikasikan di sodaranya, TL1000R dan ternyata desain seperti ini juga digunakan di mobil Formula 1!

Usia edar Suzuki TL1000S ternyata relatif pendek lho, gak sampe 5 taun, yaitu diperkenalkan dari tahun 1997 dan diskontinyu pada tahun 2001. Kalo Kata mbah dukun di artikelnya sih, katanya Motor ini sering disebut si Widow maker :shock: Kenapa? Katanya sih bobotnya yang terhitung berat (187 KG !) dengan power 134 HP bikin motor ini susah dikontrol dan sering mengakibatkan kecelakaan fatal. Oiya, Suzuki FXR 150 juga lahir diskitar tahun itu, apakah ada hubungannya ya dengan desain TL1000S ini? Mungkin kayak simbah dengan cucu kali ya…xixixi :mrgreen:
Suzuki TL1000s merupakan salah satu varian dari TL series, karena TL1000s mempunyai sodara kembar, yaitu Suzuki TL1000R yang tampil dengan tampang lebih sporty melalui balutan full fairing, serta warna atraktif khas moge Suzuki. Tahun lahir TL1000R sendiri setahun lebih muda dari Tl1000S, yaitu pada tahun 1998 dengan usia lebih lama setahun karena baru diskontinyu pada tahun 2003. Sebagai pengganti TL series, Suzuki melahirkan sang suksesor TL, Suzuki SV1000S yang juga sama-sama sangarnya.


Spesifikasi Lengkap Suzuki TL1000s
Manufacturer Suzuki
Production 1997–2001
Class Sport bike
Engine Water cooled DOHC 996 cc (60.8 cu in) 90° V-twin
Power 125 hp (93 kW) @ 8500 rpm[citation needed]
Torque 105 N·m (77 ft·lbf) @ 8000 rpm[citation needed]
Transmission 6-speed, chain
Rake, Trail 23.7°, 3.7 in (94.5 mm)
Wheelbase 55.7 in (1,410 mm)
Dimensions L 81.3 in (2,070 mm)
W 28.1 in (710 mm)
Seat height 32.9 in (840 mm)
Weight 412 lb (187 kg)[citation needed] (dry)
Fuel capacity 17 l (3.7 imp gal; 4.5 US gal), 4.5 l (0.99 imp gal; 1.2 US gal) reserve
Sebenarnya ada satu gambar contoh modifikasi Suzuki TL1000s yang keren, tapi saya gak berani nampilin disini karena terlalu serem, langsung aja deh cek sendiri disini.
 sumber shark
nah yang ini TL1000R

Suzuki TL 1000R
 
 
 


mirip Hayabusa ya !
Make Model
Suzuki TL1000R
Year
2000-01
Engine
Liquid cooled, four stroke, 90°-V-twin, DOHC, 4 valves per cylinder.
Capacity
996
Bore x Stroke 98 x 66 mm
Compression Ratio 11.7:1
Induction
Mikuni Denso Fuel Injection
Ignition  /  Starting
Digital transistorized  /  electric
Max Power
135 hp 98.4 kW @ 9500 rpm
Max Torque
106 Nm @ 7500 rpm
Transmission  /  Drive
6 Speed  /  chain
Front Suspension
Inverted telescopic, coil spring, fully adjustable spring preload, rebound and compression damping
Rear Suspension
Rotary damping system, fully adjustable spring preload, compression and rebound damping
Front Brakes
2x 320mm discs 6 piston calipers
Rear Brakes
Single 220mm disc 2 piston caliper
Front Tyre
120/70 ZR17
Rear Tyre
190/50 ZR17
Seat Height 810 mm
Dry-Weight / Wet-Weight
197 Kg  /  228 kg
Fuel Capacity 
17 Litres
Standing ¼ Mile  
 11.0 sec  /  132 mp/h
Top Speed
 168 mp/h
Overview MCNews.COM  /  Sport Rider  /  Motorcycle.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar